Tuesday, January 16, 2018

Jadikan Lokasi Anda Luarbiasa Dengan Strategi Baru

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgP_ylPLaSvvk8ZfNAUmtZGoaKuOqbArkt-xrvQSWfvJ8a88GXVvMm1lW-KC2r8vr-KZUGdJkWFxgx0GNus628FnXR7gclZG30KVxwW7NqTmxYbSpYKooRSaAb3zln-fGWp1M5IyTBypPGX/s640/mapicon.png 
Saat ini perubahan bisnis begitu cepat, hingga banyak trend bisnis baru bermunculan. Belakangan ini juga muncul para anak muda yang terjun ke startup dengan bekal kreativitas dan kemampuan inovasi menciptakan komunitas di usia mereka.

Begitupula di industri franchise. Trend-trend baru pun bermunculan. Demikian juga strategi-strategi baru tentunya. Strategi model bisnis “franchisor operator” banyak diterapkan sebagai kombinasi jumlah franchisee untuk mencapai target bisnis. Bagaimana menyikapi hal ini agar bisnis Anda tetap terus bersaing dan mengungguli mereka?

Banyak marketer sukses memiliki strategi namun yang paling sukses adalah dengan strategi storyteller. Menurut Seth Godin, All succesful Marketers tell stories.

Ceritakanlah hal-hal menarik tentang bisnis Anda. Misalnya Pengalaman Anda mengapa Anda memilih lokasi di mana Anda berjualan. Temukan cerita nyata yang menarik dan autentik tentang lokasi Anda. Carilah tahu dari pemilik lama atau orang-orang sekitarnya tentang lokasi Anda. Dan rangkailah cerita tentang lokasi Anda itu dengan menarik. Kaitkan dengan visi dan misi, serta produk yang Anda jual.

Cerita mengenai lokasi yang hebat itu cerita yang halus, yang tidak direct dan terkesan pushy menjual produk Anda. Buatlah cerita yang halus yang membuat pelanggan Anda yang mengambil keputusan. Cerita yang hebat yang relevan dengan lokasi Anda dan apa yang dicari pelanggan pada umumnya. Cerita yang relevan dengan harapan-harapan mereka.

Cerita yang hebat bisa menghubungkan tentang lokasi Anda dengan akal pikiran pelanggan, bukan logikanya. Akan tetapi jangan cerita tentang mitos. Kuncinya jangan berusaha membuat cerita yang akan menyenangkan semua orang. Targetkan disukai oleh orang-orang tertentu dan biarkan mereka menyebarkanya.

Buatlah lokasi Anda sinergi dengan cerita yang akan Anda buat. Sinergi antara menu dengan lokasi itu sendiri. Cerita terbaik adalah cerita yang sesuai dengan apa yang pelanggan percayai, yang membuat mereka merasa bertambah cerdas, pintar dan aman. Cerita yang membuat mereka merasa nyaman dan aman jika berkunjung ke lokasi Anda. Hindari cerita-cerita model telemarketer yang akan membuat mereka merasa sebaliknya.

Sebagai contoh lokasi yang bercerita hebat seperti Resto Koenokoeni di Semarang. Pesan ceritanya sangat kuat, dengan ke autentikan yang selaras antara lokasi, produk/menu. Cerita yang make a sense yang membuat pelanggan tidak hanya akan mendapatkan sajian menu spsial, lezat namun juga merasa aman, nyaman dengan pemandangan kota Semarang dari atas bukit. Yang lebih strong dari itu pesan yang ditimbulkan adalah unik nostalgik. Pengunjung bisa bersantap dengan suasana neunikan dan bernostalgia ke masa lalu dengan melihat interior dan barang-barang yang dipajang di sana.

Gunakanlah strategi marketing yang paling ampuh ini. Nyawa sebuah bisnis adalah marketing. Apa itu sebenarnya marketing? Marketing adalah tentang menyebarkan ide-ide, dan menyebarkan ide adalah satu hal yang paling penting sebagai hasil utama peradaban manusia. Maka manfaatkanlah lokasi Anda sebagai alat marketing yang ampuh.

Untuk itu gunakanlah lokasi Anda sebagai cerita. Berceritalah melalui lokasi yang Anda miliki. Melalui keselarasan design, interior, menu, lantai, dinding/tembok, karyawan, seragam, furniture dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan calon pelanggan Anda.

Semoga selalu sukses dan berbahagia.

0 comments:

Post a Comment